Jumat, 12 Oktober 2012

DIGELAR, BALAP SEPEDA INTERNATIONAL BANYUWANGI TOUR DE IJEN


Sabtu, 29 Sepember 2012 | 19:48

Balap sepeda tingkat internasional akan kembali digelar di Jawa Timur. Para pembalap nasiona maupun internasional akan kembali berlaga dalam satu rangkaian kegiatan Banyuwangi Ijen Festival pada 7-9 Desember.
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, event balap sepeda Banyuwangi Tour de Ijen akan terbagi dalam tiga etape dengan total jarak tempuh sekitar 340 kilometer. Adapun rute yang dilalui mulai dari Banyuwangi, Pulau Merah, Kali Baru dan finish di Kawah Ijen.
Kita datang ke Surabaya untuk meminta arahan KONI Jawa Timur dan Pengprov Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Jawa Timur untuk menggelar Banyuwangi Tour de Ijen. Karena ini yang pertama kalinya,” katanya saat ditemui di kantor KONI Jawa Timur, Jumat (28/9).
Sejauh mana persiapannya ? Abdullah Azwar Anas memaparkan, sekarang masih dalam pengerjaan dan perbaikan infrastruktur jalan. Serta pengerjaan fasilitas pendukung lainnya. “Sekarang selesaikan infrastruktur 350 km. Targetnya November selesai,” kata Abdullah Azwar
Tujuan digelarnya Banyuwangi Tour de Ijen untuk mengikuti jejak sukses gelaran TdEJ. Disamping untuk mempopulerkan olahraga balap sepeda, gelaran Banyuwangi Tour de Ijen juga untuk kepentingan promosi. Dengan digelarnya balap sepeda diharapkan Banyuwangi, khususnya Kawah Ijen bisa semakin dikenal didunia internasional. “Kita ingin mempromosikan Banyuwangi lewat olahraga,” ungkapnya.
Soal peserta, pihak Pengcab ISSI Banyuwangi selaku panitia penyelengara menargetkan diikuti 20 tim. Yakni, 10 tim lokal dan 10 im asing. Dari 10 tim asing yang sudah dibidik untuk menjadi peserta, 8 tim diantaranya sudah menyatakan ketersediaan. Adapun 8 tim tersebut diantaranya dari Australia, Jepang, Brunai Darussalam, Singapura, Iran, Filipina dan Malaysia. “Dua tim dari Khazakthan dan Taiwan belum memberikan konfirmasi,” terang Ketua Umum Pengcab ISSI Banyuwangi, Guntur Priambodo
Sedangkan untuk peserta lokal sendiri dipastikan sejumlah tim ternama bakal ikut meramaikan. Seperti dari Polygon Sweet Nice (PSN), Wim Cycle, CCC Jakarta, Putra Perjuangan Jawa Barat, WSP dan sejumlah tim lainnya. Serta tak ketinggalan pula tim balap sepeda asal Banyuwangi, yakni, Banyuwangi Road Cycling Club (BRCC). (her)

0 komentar: