Kamis, 20 September 2012

Cyber Village Progam 1000 WiFi ZONE di Pedesaan Banyuwangi

Banyuwangi – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) bekerja-sama dengan Pemerintah Banyuwangi, Jawa Timur akan memasang wifi di 1.000 titik yang tersebar di seluruh wilayah Banyuwangi. “Pemasangan jaringan mulai direalisasikan Oktober mendatang,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, Senin, 10 Agustus 2012.
Telkom Pasang 1.000 Jaringan Wifi di BanyuwangiAzwar Anas mengatakan pemasangan 1.000 wifi ini untuk mendukung program Banyuwangi Cyber Village yang ditargetkan rampung pada akhir 2012. Proyek itu didanai dari anggaran kemirataan dan bina lingkungan (CSR) PT Telkom dan Telkom Flexy.
Menurut Bupati, akses setiap titik wifi dijamin cepat karena dipasang dengan kekuatan hingga mencapai 10 mega bites per secons (mbps). Lokasi-lokasi yang akan dipasang wifi diprioritaskan berada di ruang terbuka hijau yang menjadi pusat keramaian warga di masing-masing desa. “Jadi anak sekolah yang punya laptop bisa mengakses internet dengan gratis,” katanya.
Awal 2012, kata dia, Telkom sebenarnya sudah memasang 100 wifi. Namun kecepatan wifi tersebut sangat lambat karena hanya berkapasitas 3 mbps.
Bupati Anas mengklaim 1.000 titik wifi ini terbanyak di Inonesia mengalahkan program yang dicanangkan Pemerintah Sumatera Selatan dan DKI Jakarta.
Hendri Irawan, salah satu pemilik warung internet di Banyuwangi, mengatakan pemasangan 1.000 wifi tersebut akan membuat pengusaha warung internet gulung tikar. Sebab menurut dia, dengan harga laptop yang kini semakin terjangkau dan akses wifi gratis dari Telkom akan mengurangi tingkat kunjungan ke warnet. “Kalau peminatnya sepi kami bisa bangkrut karena pemasukan tak sebanding dengan biaya operasional,” kata dia.
Menurut Hendri saat ini warnetnya bisa mendapat pemasukan antara Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu sehari. Dia mengusulkan, jumlah wifi yang dipasang tidak terlalu banyak sehingga pengusaha warnet masih bisa bertahan.
Source via Telkom Pasang 1.000 Jaringan Wifi di Banyuwangi | bisnis | Tempo.co.

0 komentar: