Kamis, 20 September 2012

Bandara Banyuwangi disiapkan dukung APEC

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menginginkan Bandara Banyuwangi segera diperbesar untuk mendukung kegiatan berskala internasional.

"Bandara Banyuwangi diharapkan bisa menjadi pendukung APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) di Bali, November 2013," kata Hatta saat berkunjung ke Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (7/9/2012).
Bandara Banyuwangi rencananya akan dijadikan tempat parkir pesawat-pesawat peserta APEC. Saat ini, Bandara Banyuwangi sudah melayani penerbangan komersial dan cukup diminati. Bandara Banyuwangi jadi pilihan, karena jaraknya paling dekat dengan Bali.
Hatta juga menyampaikan, Banyuwangi akan dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus untuk industri khusus. Dermaga pelabuhan akan diperpanjang, sehingga kapal-kapal besar bisa bersandar.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas senang jika Banyuwangi dikembangkan menjadi kawasan ekonomi khusus, yang diharapkan bisa menjadi penyangga ekonomi kawasan timur Indonesia.
"Pengembangan industri di Banyuwangi akan kami dorong dengan berbasis pada kebijakan pemberdayaan lokal," kata Anas.
Anas menegaskan, lokal yang dimaksud di sini berarti memanfaatkan potensi sumberdaya manusia lokal, sumberdaya kelembagaan lokal, sumberdaya fisik lokal, dan sumberdaya alam lokal.
Pendekatan ini memberi titik tekan pada pemberian prakarsa lokal untuk mendorong gerak ekonomi di tingkat lokal. "Dengan demikian lapangan pekerjaan baru terbuka. Daya saing ekonomi lokal juga terangkat," katanya. kbc5

0 komentar: