Selasa, 25 September 2012

Banyuwangi Raih Penghargaan TCTA 2012

JAKARTA – Dunia pariwisata Banyuwangi kembali mendapatkan kehormatan.  Banyuwangi dianugrahi penghargaan Travel  Club Tourism Award (TCTA)  2012 atas kemajuan pembangunan sektor pariwisata Banyuwangi, Senin malam kemarin (24/9), di auditorium TVRI Pusat Jakarta.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas hadir secara khusus untuk menerima penghargaan yang digagas oleh  majalah Travel Club bekerjasama dengan  Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) itu.
Banyuwangi Raih Penghargaan TCTA 2012

Ketika didaulat untuk menyampaikan sambutannya pada saat menerima penghargaan tersebut, Bupati Anas menyatakan penghargaan tersebut didedikasikannya  untuk rakyat Banyuwangi. “Penghargaan ini  merupakan apresiasi terhadap rakyat Banyuwangi atas kerja kerasnya  dalam memajukan pariwisata,” tandas Bupati Anas.
Penghargaan yang dianugerahkan untuk Banyuwangi  terkait kebijakan  Pemkab Banyuwangi dalam memproteksi akses pariwisata dan pendidikan  dalam bentuk pembangunan portal. Portal yang dibangun, dimaksudkan agar kendaraan besar tidak masuk ke daerah tersebut. Karena dikhawatirkan akan merusak infrastruktur jalan menuju ke lokasi tersebut.
Mewakili Menparekraf RI, Dirjen Pengembangan Destinasi Kemenparekraf RI Firmasyah Rahim mengatakan, sektor pariwisata mampu menciptakan dan menumbuhkembangkan ekonomi masyarakat sekitar destinasi wisata. “Di tahun 2011 saja, wisatawan nusantara terus meningkat. Hal itu terbukti dengan adanya 236 juta perjalanan yang dilakukan dan mampu menghasilkan Rp 153 triliun yang diterima masyarakat di sekitar destinasi wisata,” ujarnya.
Dalam acara yang disiarkan langsung  oleh TVRI tersebut, Ketua Panitia Penyelenggara, Dr. Johnnie Sugiarto mengatakan, penghargaan itu diberikan kepada daerah-daerah yang berupaya keras memajukan sektor pariwisata. “Panitia melakukan proses seleksi yang sangat  ketat atas beberapa kabupaten/kota dan provinsi yang masuk nominasi. Baru kemudian kami tetapkan pemenangnya,” ujar Johnnie, yang menyatakan bahwa pemberian penghargaan ini adalah untuk yang kedua kalinya bagi kabupaten/kota dan provinsi yang ada di Indonesia.
Berikut adalah daftar nama peraih penghargaan TCTA 2012 :
The Most Improved
Kategori Provinsi             :    Nusa Tenggara Barat
Kategori Kota                    :   Juara 1 : Malang
Runner-Up                         :    Pangkal Pinang, Denpasar.
Kategori Kabupaten        :    Juara 1 : Banyuwangi
Runner-Up                         :   Magelang, Okan Hilir, Semarang.
The Best Achievement
Kategori Provinsi             :  Bangka Belitung
Kategori Kota                    :  Juara 1 : Tomohon
Runner-Up                         :  Balikpapan, Banda Aceh
Kategori Kabupaten        :  Juara 1 : Banyumas
Runner-Up                         :  Wajo, Purbalingga, Kendal
The Best Performance
Kategori Provinsi             :  Bali.
Kategori Kota                    :  Juara 1 : Surakarta
Runner-Up                         :  Sawalunto, Semarang
Kategori Kabupaten        :  Juara 1 : Gianyar
Runner-Up                         :  Berau, Raja Ampat, Malang, Okan Hulu.
Source via Banyuwangi Raih Penghargaan TCTA 2012 – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

0 komentar: